Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan


GORESKAN - Manfaat Panas Sinar Matahari Bagi Kesehatan. Tentunya anda sudah tahu bukan bahwasanya Matahari memiliki berbagai manfaat positif bagi kesehatan kita, baik itu secara jasmani maupun rohani. Jika kita melakukan lari pagi atau yang sering disebut dengan senam senja, matahari masih bersinar secara tenang dan tidak panas, bahkan sejuk, pada saat itulah waktu yang bagus untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dari matahari itu sendiri.

Tuhan Yang Maha Pencipta menciptakan Matahari untuk kelangsungan hidup makhluk ciptaanya, coba lihat saja tanaman atau tumbuhan, mereka baru bisa memasak atau fotosintesis jika ada sinar matahari yang memancarinya. Jadi singkatnya, tanpa Sinar Matahari, maka takkan ada kehidupan di bumi ini, bahkan di galaksi ini.

Matahari diciptakan bukan tanpa efek negatif lho bagi Manusia, contohnya saja, jika kita lama-lama berjemur di terik atau radiasi sinar matahari, maka lama-kelamaan kulit kita akan terbakar, oleh karena itu, harus diperhatikan juga komposisi waktu yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari, agar khasiatnya bagi kesehatan tubuh kita juga lebih optimal, anda bisa memaksimalkanya dengan secara rutin berjemur dibawah panas sejuknya sinar matahari, jadi jangan langsung sekaligus berjemur dalam jangka waktu yang lama.

Untuk mengetahui dan mengenal apa saja manfaat-manfaat yang bisa kita dapat dari panas sinar matahari, coba anda perhatikan yang di bawah ini.

1. Kaya Akan Vitamin D

Vitamin D terkenal dapat membantu pertumbuhan gigi dan tulang, jadi tubuh kita dapat tumbuh secara lebih optimal dan alami. Menurut teori yang saya baca, jika kita berjemur sekitar 15 menit saja dibawah panas sinar matahari senja, maka kita sudah mendapatkan Vitamin D sebanyak 400 unit, suatu hal yang fantastis bukan, itu artinya pertumbuhan kita juga akan lebih optimal, dan juga berperan penting dalam pertumbuhan tinggi badan.

2. Sebagai Penawar Infeksi dan Pembunuh Bakteri

 Seperti yang seringkali kita lihat pada saat melewati rumah-rumah ataupun panti jompo, banyak sekali lansia yang pagi-pagi sudah berjemur dibawah teriknya matahari, karena Sinar Matahari dipercaya dapat membunuh penyakit, virus, bakteri, dan jamur. Jika kita lihat dari penggunaanya pada kehidupan sehari-hari, terapi panas sinar matahari ini sangat diperlukan sekali dalam proses penyembuhan berbagai penyakit, seperti TBC, keracunan darah, lupus, kolesterol, asma, pneumonia, dan masih banyak lagi.

3. Meningkatkan Kestabilan atau Kebugaran Pernafasan

Sejatinya, pernafasan kita akan terasa stabil dan bugar apabila detak jantung kita juga stabil, maka dari itu, jika kita berjemur dibawah sinar matahari, maka lama kelamaan jumlah glikogen juga akan bertambah dalam tubuh kita, hal inilah yang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kestabilan dalam bernafas, dan ritme pernafasanya juga akan lebih teratur, dari yang tadinya sering nafas ngos-ngosan.

4. Sebagai Imun

Seperti yang kita ketahui, Imun biasanya digunakan untuk kekebalan atau daya tahan tubuh, nah jadi apa dong manfaat dari sinar matahari terhadap kesehatan? Ketika kita berjemur dibawah teriknya matahari, maka akan terjadi penambahan sel darah putih (leukosit) pada kulit kita, khususnya limfosit, hal tersebut yang dapat menyebabkan cepatnya Imun mematikan atau melumpuhkan penyakit, jadi sinar matahari membantu dalam membunuh penyakit-penyakit yang ada di dalam tubuh kita. Bahkan, menurut penelitian berjemur 10 hingga 15 menit dibawah matahari setiap harinya dapat meminimalisir resiko terkena flu hingga 40-50%.

Demikian informasi terbaru tentang Manfaat Panas Sinar Matahari Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat, dan menambah wawasan kita semua tentang berbagai manfaat-manfaat dari alam.

BACA JUGA:
Segenap rekan dan kerabat GORESKAN.com mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa 1434 H, Mohon maaf lahir dan Batin... :)
Share this article :
0 Comments
Comments

Posting Komentar

Bila ada yang ingin disampaikan, ketiklah di kotak komentar yang tersedia. Tunjukan kesopanan Anda saat berkomentar.

 
Copyright © 2013. GORESKAN - All Rights Reserved
Support : Buku TKJ Niko | Your Link | Your Link