4 Makanan yang Bisa Membuat Anda Kecanduan


GORESKAN - Bagaimana sekantung keripik gurih atau sekotak donat bisa membuat Anda begitu kecanduan? Salahkan gula, garam dan lemak. Tubuh kita memang dirancang untuk mengontrolnya dengan baik. Sehingga ketika sudah terkena kenikmatannya maka rasa ingin lagi akan muncul terus menerus, ketagihan.

Ada beberapa cemilan yang paling berisiko membuat seseorang ketagihan karena kandungan gula, garam dan lemaknya yang tinggi. Jadi, berhati-hatilah saat Anda mengkonsumsinya.

1. Donat
Dengan berbagai pilihan topping, donat memang sangat menggoda. Tapi hati-hati dengan rasa manisnya. Bisa membuai Anda pada ketagihan. Menurut para ahli gizi, gula adalah yang paling bikin kecanduan dibandingkan dengan garam dan lemak.

2. Pasta
Karbohidrat tinggi pada pasta, berpadu dengan lemak dari daging dan keju serta mentega bisa berujung bahaya. Berat badan meningkat dan Anda terus ingin menikmatinya. Untuk itu, saat menikmati berbagai jenis pasta, pastikan porsinya dalam jumlah yang tak terlalu besar. Olahan juga harus diperhatikan. Masak pasta hingga matangnya pas atau al dente karena kadar glikemiknya lebih rendah. Atau, olah dengan minyak zaitun dan pilih salmon atau tuna sebagai toppingnya.

3. Keripik
Renyah dan sangat gurih. Bisa dibawa kemana pun. Tak heran kalau Anda sangat mudah kecanduan. Ini bukan hanya keripik gurih tapi juga keripik buah dan sayuran yang juga mengandung banyak garam dan gula.

4. Kentang goreng
Diolah dalam minyak yang sangat banyak dan panas. Kandungan minyaknya tentu sangat tinggi, belum lagi garamnya. Jari pun terus-menerus memasukan kentang oreng ke dalam mulut meski perut terasa kenyang. Dan ini seringkali dilakukan tanpa sadar.

Mungkin makanan favorit anda masuk dalam kategori diatas. Yang pasti, apapun makanannya tetap harus mengutamakan kesehatan.
Segenap rekan dan kerabat GORESKAN.com mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa 1434 H, Mohon maaf lahir dan Batin... :)
Share this article :
0 Comments
Comments

Posting Komentar

Bila ada yang ingin disampaikan, ketiklah di kotak komentar yang tersedia. Tunjukan kesopanan Anda saat berkomentar.

 
Copyright © 2013. GORESKAN - All Rights Reserved
Support : Buku TKJ Niko | Your Link | Your Link